Powered By Blogger

Jumat, 08 November 2013

CARA MENGATASI KECEMASAN

Apa rasa cemas itu ?
Rasa cemas adalah bagian sari emosi normal manusia. Semua orang hampir bisa dipastikan pernah mengalami apa yang disebut rasa cemas, gelisah, kuatir, dan panik. Tapi rasa cemas ternyata bisa menjadi gangguan yang sangat parah dan berpengaruh terhadap kesehata. Jika hal ini terjadi, muncul itu penyakit atau gangguan jiwa? ''jawaban akan pertanyaan tersebut sudah menjadi perbincangan para ahli sejak dasawarsa lalu. Dan disimpulkan bahwa kecemasan merupakan penyakit tubuh dan gangguan jiwa, sekaligus saling sangat mempengaruhi.
Dalam istilah psikologi, gangguan ini sering disebut Anxiet Disorders(AD). Adalah sebuah penyakit mental yang serius. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki rasa cemas yang besar dan berlebihan. Seringkali, kecemasan ini mempengaruhi kesehatan dan aktifitasnya. Karena akhirnya berpengaruh pada kesehatan, gangguan jiwa ini digolongakan dalam psikomatis, yaitu penyakit yang muncul karena tekanan mental.
Cara mengatasi rasa cemas tidak harus dengan mengkomsumsi obat – obatan, rasa cemas juga bias di obati dengan “HIPNOTERAPI”.
Apa itu hipnoterapi ?

Hipnoterapi adalah metode yang terbukti sangat baik dan efektif untuk mengatasi segala masalah yang berkaitan dengan emosi dan otak atau pikiran. Karena kecemasan diakibatkankan pikiran, maka hipnoterapi bisa membantu mengatasi kecemasan. Pada dasarnya hipnoterapi yaitu menggunakan hipnosis atau relaksasi pikiran untuk menuju ke pikiran bawah sadar dan selanjutnya membuat terapi di pikiran bawah sadar.


Bagaimana  cara mengatasi rasa cemas dengan hipnoterapi ?
Yang dilakukan hipnoterapi adalah MELEPAS semua emosi yang terkurung yang membuat anda mengalami rasa cemas. Seperti yang diuraikan di atas karena semua emosi itu baik itu rasa, cemas, marah, takut, khawatir, stress dan lain-lainnya itu semua berada di pikiran bawah sadar, maka cara yang baik dan efektif adalah dengan cara bekerja di pikiran bawah sadar untuk membuang perasaan cemas.

Adapun cara – cara  yang dapat dilakukan dalam hal ini antara lain : 

1.      Jadi, untuk mengatasi cemas, kamu harus berlatih mengendalikan pikiranmu berada dalam tubuh saat ini dan disini, konsentrasi pada apa yang dikerjakan sekarang dan disini dimana tubuh ini beraktifitas. Apakah ini bisa menyelesaikan masalah rasa cemas? Jelas belum. Karena kemampuan pikiranmu untuk menghadirkan rasa cemas itu sudah masuk ke bawah sadar. Jadi kamu harus belajar seperti orang belajar mengemudi.

2.      Menghadapi cemas. Jangan menolak ataupun menerima perasaan cemas itu. Biarkan dia muncul dan pergi. Tugas kita hanya mengamati perasaan itu saat ini dan disini. Sadarilah bahwa perasaan cemas itu tidak abadi. Tubuh ini juga tidak abadi dan tidak dapat kita kendalikan sesuai keinginan kita. Untuk apa mencemaskan sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan? Sungguh sia sia mencemaskannya, karena memang tidak bisa kita kendalikan sesuai keinginan kita.


3.      Cemas disebabkan karena kita merasa ada ego, posesif, keakuan yang tinggi sehingga selalu mempertahankan sesuatu yang yang akan merugikan atau sesuatu yang membuat diri ini menderita. Takut kehilangan, takut kegagalan, takut ini dan itu. Untuk mengurangi ego itu, kita harus latihan melepas, latihan memberi/sedekah, membantu orang lain seiklas mungkin, tanpa pamrih. Kalau ada pamrih berarti kita mempertahankan ego.
4.      Berfikir positif.
Berfikirlah bahwa cemas itu bukan menyerangmu, tapi cemas, takut, gelisah itu sebagai warning yang membantu kita melakukan sesuatu yang terbaik untuk diri kita.
Dengan takut cemas dan gelisah adalah alat makluk hidup untuk bertahan hidup. Tanpa perasaan takut, hewan tidak akan lari atau was was menghindari pemangsa, sehingga spesiesnya bisa punah.

5.      Mendekatkan diri kepada Tuhan
Dengan keimanan dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing – masing akan memberikan rasa temtram yang akan berpengaruh pada keseimbangan mental yang terjaga.


Tidak ada komentar: