Powered By Blogger

Jumat, 08 November 2013

CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR

PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG
Belajar merupakan tugas pokok anda sebagai siswa baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah. Oleh karena itu anda harus berusaha agar dapat belajar dengan baik dan teratur.
Belajar adalah usaha untuk memperoleh kepandaian dan ilmu. Belajar berarti usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengetahui dan dapat melakukan sesuatu. Adapun hasil dari belajar berupa perubahan diri, maka anda harus mampu melakukan belajar yang dapat menghasilkan perubahan diri yaitu dari tidak dapat memahami pelajaran menjadi dapat memahami pelajaran
Tugas utama pelajar adalah belajar. Kegiatan belajar dapat dilakuakan disekolah dan dirumah waktu untuk kegiatan belajar disekolah yaitu kurang lebih tujuh jam seharinya, sementara itu waktu belajar dirumah ditentukan oleh masing - masing orang yang disesuaikan oleh kondisi masing – masing. Penggunaan waktu belajar secara efisien dapat meningkatkan keberhasilan belajar seseorang. Oleh karena itu setiap siswa sebaiknya dapat mengatur waktu belajarnya secara efisien.

RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana cara mengatur waktu belajar yang efisien,
2.      Bagaimana cara mengatur tempat belajar yang nyaman

TUJUAN
1.      Dapat menciptakan belajar yang efisien
2.      Dapat menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar.

PEMBAHASAN

   A.   Cara Mengatur Waktu Belajar

Usahakan anda dapat mengatur waktu yang tepat dan efesien untuk belajar, sehingga anda tidak merasa ragu-ragu, menempuh keberhasilan dalam belajar. Coba perhatikan cara-cara mengatur waktu belajar berikut ini :
1.      Susunlah daftar kegiatan bealajar anda.
Anda dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang anda akan lakukan pada hari itu. Hal ini akan membantu mengatur waktu belajar anda. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyusun daftar kegiatan bealajar anda sebagai berikut :
a.       Catatlah semua pelajaran yang sudah pasti.
Kegiatan ini meliputi kegiatan rutin diluar belajar seperti : makan, istirahat, kegiatan les tambahan, mandi dll.
b.      Menentukan waktu untuk tidur.
Sebaiknya anda menyediakan waktu antara enam sampai delapan jam sehari untuk tidur.
c.       Menentukan waktu belajar (kurang lebih dua jam)
Untuk waktu bealajar dirumah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda masing-masing.
d.      Menentukan waktu kegiatan lain.
Seperti : nonton tv. Mengembangkan hobi, maupun relaksasi (kurang lebih dua jam)
e.       Gunakan hari minggu untuk kegiatan selain belajar.

2.      Menetapkan waktu belajar anda
Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda, oleh karena itu dengan menetapkan waktu belajar tentu sesuai dengan kondisi masing-masing individu.



3.      Janganlah menyia-nyiakan waktu luang.
Misal ada guru yang berhalangan hadir, atau pelajaran selesai belum pada waktunya, gunakanlah waktu itu untuk belajar, diskusi atau membaca.

4.      Gantilah waktu belajar yang hilang.
Anda harus menggati waktu belajar anda yang hilang karena anda melakukan kegiatan yang lain dengan cara mengurangi waktu bermain anda.

5.      Luangkan Waktu Untuk Bersenang-Senang
Waktu untuk rekreasi membantu anda agar tetap sehat secara mental dan fisik. Kerjakan dulu tugas wajib anda sebelum rekreasi. Waktu luang akan terasa lebih bebas kalau tidak ada urusan yang belum anda selesaikan. Rekreasi juga dapat dijadikan sebagai imbalan, jika anda sudah berhasil mengerjakan atau mencapai sesuatu.


6.      Jangan membebani diri dengan jadwal yang berlebihan
Lakukan perubahan untuk mencapai prestasi secara bertahap, bila terlalu banyak yang anda kerjakan, anda akan menjadi bingung dengan jadwal tersebut. Kaji ulang kegiatan anda. Tentukanlah hal penting untuk segera dikerjakan.

7.      Jangan menunda - nunda.
Banyak orang menunda-nunda karena suatu alasan. Kemungkinan tugas tersebut terlalu sulit atau membuat stres. Apapun penyebabnya, menunda-nuda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk. Mungkin ketika anda sudah mulai mengerjakannya, tugas tersebut terasa menjasi lebih mudah dari yang anda perkirakan. Kalau anda benar-benar tidak dapat memulai, bicarakan dengan teman, guru atau orang lain yang anda percaya.




  B.   Cara Meyiapkan Tempat Belajar

Tempat belajar sangat besarpengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Tempat bealajr meyenangkan akan membatu membangkitkan semangat bealajar dan membantu memusatkan konsentrasi seseorang pada hal – hal yang akan dipelajari. Sebaliknya tempat belajar yang tidak menyenangkan akan mengakibatkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi pada hal – hal yang akn di pelajari.
Tempat bealajar yang baik meliputi pencahayaan yang cukup terbebas dari gangguan suara dan gangguan pandangan, pengaturan meja dan kursi yang baik, dan pengaturan bahan pelajar yang baik, dan pewarnaan dalam ruangan belajar yang bisa memanipulasi ingatan lebih kuat (misalnya penggunaan cat).
Biasanya tempat belajar juga tergantung dengan waktunya, karena biasanya ada tempat-tempat tertentu yang bising disiang hari misalnya, tetapi cukup tenang dimalam hari atau dipagi hari. Silahkan sesuaikan antara tempat belajar dengan waktu belajar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikandalam mengatur tempat belajar antara lain :
1.      Tentukan tempat belajar tetap.
Anda harus bisa mengatur meja dan kursi membelakangi tempat tidur, hal ini sebagai usaha untuk mengurangi keinginan istirahat sebelum waktu istirahat tiba.
2.      Hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu belajar anda
a.       Suara, seperti suara radio, televisi, dan suara orang bicara. Untuk menghindari hal ini anda bisa bicara dengan keluarga anda tentang kapan waktu belajar maupun waktu santai bersama.
b.      Pemandangan
Seperti gambar dinding yang tidak berkaitan dengan pelajaran, hal ini dapat meyebabkan anda dapat melihat orang yang lalu-lalang. Cara yang terbaik ialah belajar dengan menghadap dinding.
c.       Gangguan selama selinga-selingan waktu belajar
Untuk mngatasi hal ini anda dapat menutup pintu selama waktu belajar anda dan memberi tahu kepada keluarga anda sedang belajar dan tidak mau di ganggu oleh kegiatan yang tidak berhubungan dengan belajar.


3.      Aturlah cahaya lampu
hal ini agar tidak langsung menyinari mata dan dapat menyinari semua ruangan. Cahaya lampu  yang langsung menyinari mata akan mengakibatkan mata cepat ngantuk.
4.      Aturalah meja dan kursi belajar.
Sebaiknya anda tidak mengisi meja belajar anda dengan barang yang tidak berhubungan dengan mata pelajaran dan memeilih kursi belajar yang rata dan dapat dipakai dengan tegak
5.      Aturlah semua bahan pelajaran
Mengatur bahan pelajaran ditempat yang dekat dengan meja belajar sehingga mudah mengambil bahan pelajaran yang diperlukan. Ini memebantu mencari bahan pelajaran lebih cepat.
6.      Ventilasi yang cukup.
Ventilasi berguna untuk mengatur pergantian udara agar ruang belajar anda tetap segar dan nyaman dipakai.  











PENUTUP

KESIMPULAN
Memanfaatkan waktu untuk belajar tidak datang dengan sendiriny tetapi melalui latihan dan membuat jadwal kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan dengan ketat. orang-orang yang mencapai keberhasilan dalam hidupnya adalah orang-orang yang teratur dan disiplin memanfaatkan waktunya. Anda sebagai siswa memanfaatkan waktu anda untuk belajar terutama menjelang ulangan, gunakan/tambahkan waktu belajar anda dengan memanfaatkan waktu luang pagi hari, siang hari dan malam hari yang biasanya digunakan untuk bermain atau nonton TV. Selain itu keadaan tempat belajar yang nyaman akan mendorong kita agar lebih giat dalam belajar, karena Tempat belajar sangat besarpengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Tempat bealajr meyenangkan akan membatu membangkitkan semangat bealajr dan membatu memusatkan konsentrasi seseorang pada hal – hal yang akan dipelajari.


erI &. O �w� (� yang demikian itu secara tegas mengatur kedudukan, tugas dan tanggung jawab para personil sekolah yang terlibat. Demikian pula, organisasi tersebut tergambar dalam struktur atau pola oraganisasi yang bervariasi yang tergantung pada keadaan dan karakteristik sekolah masing-masing. Hal-hal yang membedakan antara lain dilihat dari segi peranan, wewenang, dan tanggungjawab dari penguasa sekolah, serta terletak pada kondisi sekolah yang bersangkutan, tenaga atau personel yang tersedia, serta fasilitas yang ada.


Sebagai contoh, untuk sebuah sekolah yang jumlah siswanya sedikit dengan jumlah guru pembimbing yang terbatas maka pola organisasinya bisa bersifat sederhana.Sebaliknya, jika sekolah tersebut siswanya berjumlah banyak dengan didukung oleh personil sekolah yang memadai diperlukan sebuah pola organisasi bimbingan dan konseling yang lebih kompleks.




Ada tiga macam pola umum organisasi bimbingan dan konseling di sekolah, diantaranya:
      1.      Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling I
      2.      Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling II
      3.      Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling III


















KESIMPULAN
            Jadi dari isi makalah tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa konsep dasar organisasi dalam bimbingan dan konseling berperan sangat penting karena pelaksanaaannya tiap personel BK menyadari tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, Terhindar dari tumpang tindih tugas,  Terjadi mekanisme kerja secara baik dan teratur,  Terjadi kelancaran, efisiensi dan efektivitas.
Tanpa pengorganisasian, BK tidak akan terlaksana secara sistematis, tidak ada suatu koordinasi,   perencanaan, sasaran yang jelas, serta kepemimpinan yang proporsional dan profesional. Pengorganisasian BK membantu seluruh personel sekolah, siswa dan orang tua dalam mengoptimalkan peran masing-masing serta mencegah terjadinya penyalahgunaan tugas tiap personel.














DAFTAR PUSTAKA
ebookbrowse.com/konsep-dasar-organisasi-bimbingan-konseling-pdf-d316054979
Eko13.wordpress.com/2012/10/03/konsep-dasar-bimbingan-dan-konseling-kelompok-i/

mza6bk.blogspot.com/2011/04/manajemen-bk.html

Tidak ada komentar: