PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Belajar merupakan tugas pokok anda sebagai siswa baik belajar di sekolah
maupun belajar di rumah. Oleh karena itu anda harus berusaha agar dapat belajar
dengan baik dan teratur.
Belajar adalah usaha untuk memperoleh kepandaian dan ilmu. Belajar
berarti usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengetahui dan dapat melakukan
sesuatu. Adapun hasil dari belajar berupa perubahan diri, maka anda harus mampu
melakukan belajar yang dapat menghasilkan perubahan diri yaitu dari tidak dapat
memahami pelajaran menjadi dapat memahami pelajaran
Tugas utama pelajar adalah belajar. Kegiatan belajar
dapat dilakuakan disekolah dan dirumah waktu untuk kegiatan belajar disekolah
yaitu kurang lebih tujuh jam seharinya, sementara itu waktu belajar dirumah
ditentukan oleh masing - masing orang yang disesuaikan oleh kondisi masing –
masing. Penggunaan waktu belajar secara efisien dapat meningkatkan keberhasilan
belajar seseorang. Oleh karena itu setiap siswa sebaiknya dapat mengatur waktu
belajarnya secara efisien.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana cara mengatur waktu belajar yang efisien,
2. Bagaimana cara mengatur tempat belajar yang nyaman
TUJUAN
1. Dapat menciptakan belajar yang efisien
2. Dapat menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar.
PEMBAHASAN
A. Cara Mengatur Waktu Belajar
Usahakan anda dapat mengatur waktu yang tepat dan
efesien untuk belajar, sehingga anda tidak merasa ragu-ragu, menempuh
keberhasilan dalam belajar. Coba perhatikan cara-cara mengatur waktu belajar
berikut ini :
1. Susunlah daftar kegiatan bealajar anda.
Anda dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang anda akan
lakukan pada hari itu. Hal ini akan membantu mengatur waktu belajar anda.
Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyusun daftar kegiatan
bealajar anda sebagai berikut :
a.
Catatlah
semua pelajaran yang sudah pasti.
Kegiatan ini
meliputi kegiatan rutin diluar belajar seperti : makan, istirahat, kegiatan les
tambahan, mandi dll.
b.
Menentukan
waktu untuk tidur.
Sebaiknya anda
menyediakan waktu antara enam sampai delapan jam sehari untuk tidur.
c.
Menentukan
waktu belajar (kurang lebih dua jam)
Untuk waktu
bealajar dirumah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda masing-masing.
d.
Menentukan
waktu kegiatan lain.
Seperti : nonton
tv. Mengembangkan hobi, maupun relaksasi (kurang lebih dua jam)
e.
Gunakan
hari minggu untuk kegiatan selain belajar.
2.
Menetapkan
waktu belajar anda
Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang
berbeda, oleh karena itu dengan menetapkan waktu belajar tentu sesuai dengan
kondisi masing-masing individu.
3.
Janganlah
menyia-nyiakan waktu luang.
Misal ada guru yang berhalangan hadir, atau pelajaran
selesai belum pada waktunya, gunakanlah waktu itu untuk belajar, diskusi atau
membaca.
4.
Gantilah
waktu belajar yang hilang.
Anda harus menggati waktu belajar anda yang hilang karena
anda melakukan kegiatan yang lain dengan cara mengurangi waktu bermain anda.
5.
Luangkan Waktu Untuk Bersenang-Senang
Waktu untuk rekreasi membantu anda agar tetap sehat
secara mental dan fisik. Kerjakan dulu tugas wajib anda sebelum rekreasi. Waktu
luang akan terasa lebih bebas kalau tidak ada urusan yang belum anda
selesaikan. Rekreasi juga dapat dijadikan sebagai imbalan, jika anda sudah
berhasil mengerjakan atau mencapai sesuatu.
6.
Jangan membebani diri dengan jadwal yang berlebihan
Lakukan perubahan untuk mencapai prestasi secara
bertahap, bila terlalu banyak yang anda kerjakan, anda akan menjadi bingung
dengan jadwal tersebut. Kaji ulang kegiatan anda. Tentukanlah hal penting untuk
segera dikerjakan.
7. Jangan menunda - nunda.
Banyak orang menunda-nunda karena suatu alasan.
Kemungkinan tugas tersebut terlalu sulit atau membuat stres. Apapun
penyebabnya, menunda-nuda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk. Mungkin ketika
anda sudah mulai mengerjakannya, tugas tersebut terasa menjasi lebih mudah dari
yang anda perkirakan. Kalau anda benar-benar tidak dapat memulai, bicarakan
dengan teman, guru atau orang lain yang anda percaya.
B. Cara Meyiapkan Tempat Belajar
Tempat belajar sangat besarpengaruhnya terhadap hasil
belajar seseorang. Tempat bealajr meyenangkan akan membatu membangkitkan
semangat bealajar dan membantu memusatkan konsentrasi seseorang pada hal – hal
yang akan dipelajari. Sebaliknya tempat belajar yang tidak menyenangkan akan
mengakibatkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi pada hal – hal yang akn di
pelajari.
Tempat bealajar yang baik meliputi pencahayaan yang cukup
terbebas dari gangguan suara dan gangguan pandangan, pengaturan meja dan kursi
yang baik, dan pengaturan bahan pelajar yang baik, dan pewarnaan dalam ruangan belajar yang bisa
memanipulasi ingatan lebih kuat (misalnya penggunaan cat).
Biasanya tempat belajar juga tergantung dengan
waktunya, karena biasanya ada tempat-tempat tertentu yang bising disiang hari
misalnya, tetapi cukup tenang dimalam hari atau dipagi hari. Silahkan sesuaikan
antara tempat belajar dengan waktu belajar.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikandalam
mengatur tempat belajar antara lain :
1.
Tentukan tempat belajar tetap.
Anda
harus bisa mengatur meja dan kursi membelakangi tempat tidur, hal ini sebagai
usaha untuk mengurangi keinginan istirahat sebelum waktu istirahat tiba.
2.
Hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu belajar anda
a.
Suara, seperti suara radio, televisi, dan suara orang bicara. Untuk
menghindari hal ini anda bisa bicara dengan keluarga anda tentang kapan waktu
belajar maupun waktu santai bersama.
b.
Pemandangan
Seperti
gambar dinding yang tidak berkaitan dengan pelajaran, hal ini dapat meyebabkan
anda dapat melihat orang yang lalu-lalang. Cara yang terbaik ialah belajar
dengan menghadap dinding.
c.
Gangguan selama selinga-selingan waktu belajar
Untuk
mngatasi hal ini anda dapat menutup pintu selama waktu belajar anda dan memberi
tahu kepada keluarga anda sedang belajar dan tidak mau di ganggu oleh kegiatan
yang tidak berhubungan dengan belajar.
3.
Aturlah
cahaya lampu
hal ini agar tidak
langsung menyinari mata dan dapat menyinari semua ruangan. Cahaya lampu yang langsung menyinari mata akan
mengakibatkan mata cepat ngantuk.
4.
Aturalah
meja dan kursi belajar.
Sebaiknya anda
tidak mengisi meja belajar anda dengan barang yang tidak berhubungan dengan
mata pelajaran dan memeilih kursi belajar yang rata dan dapat dipakai dengan
tegak
5.
Aturlah
semua bahan pelajaran
Mengatur bahan
pelajaran ditempat yang dekat dengan meja belajar sehingga mudah mengambil
bahan pelajaran yang diperlukan. Ini memebantu mencari bahan pelajaran lebih
cepat.
6.
Ventilasi
yang cukup.
Ventilasi berguna
untuk mengatur pergantian udara agar ruang belajar anda tetap segar dan nyaman
dipakai.
PENUTUP
KESIMPULAN
Memanfaatkan waktu untuk belajar tidak datang dengan sendiriny tetapi
melalui latihan dan membuat jadwal kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan
dengan ketat. orang-orang yang mencapai keberhasilan dalam hidupnya adalah
orang-orang yang teratur dan disiplin memanfaatkan waktunya. Anda sebagai siswa
memanfaatkan waktu anda untuk belajar terutama menjelang ulangan,
gunakan/tambahkan waktu belajar anda dengan memanfaatkan waktu luang pagi hari,
siang hari dan malam hari yang biasanya digunakan untuk bermain atau nonton TV.
Selain itu keadaan tempat belajar yang nyaman akan mendorong kita agar lebih
giat dalam belajar, karena Tempat
belajar sangat besarpengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Tempat
bealajr meyenangkan akan membatu membangkitkan semangat bealajr dan membatu
memusatkan konsentrasi seseorang pada hal – hal yang akan dipelajari.
Sebagai
contoh, untuk sebuah sekolah yang jumlah siswanya sedikit dengan jumlah guru
pembimbing yang terbatas maka pola organisasinya bisa bersifat
sederhana.Sebaliknya, jika sekolah tersebut siswanya berjumlah banyak dengan
didukung oleh personil sekolah yang memadai diperlukan sebuah pola organisasi
bimbingan dan konseling yang lebih kompleks.
Ada
tiga macam pola umum organisasi bimbingan dan konseling di sekolah,
diantaranya:
1.
Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling I
2.
Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling II
3.
Pola umum organisasi pelayanan bimbingan dan konseling III
KESIMPULAN
Jadi dari isi makalah tersebut kita dapat menyimpulkan
bahwa konsep dasar organisasi dalam bimbingan dan konseling berperan sangat
penting karena pelaksanaaannya tiap personel BK menyadari tugas, wewenang dan
tanggung jawabnya, Terhindar dari tumpang tindih tugas, Terjadi mekanisme kerja secara baik dan
teratur, Terjadi kelancaran, efisiensi
dan efektivitas.
Tanpa pengorganisasian, BK tidak akan
terlaksana secara sistematis, tidak ada suatu koordinasi, perencanaan, sasaran yang jelas, serta
kepemimpinan yang proporsional dan profesional. Pengorganisasian BK membantu
seluruh personel sekolah, siswa dan orang tua dalam mengoptimalkan peran
masing-masing serta mencegah terjadinya penyalahgunaan tugas tiap personel.
DAFTAR
PUSTAKA
ebookbrowse.com/konsep-dasar-organisasi-bimbingan-konseling-pdf-d316054979
Eko13.wordpress.com/2012/10/03/konsep-dasar-bimbingan-dan-konseling-kelompok-i/
mza6bk.blogspot.com/2011/04/manajemen-bk.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar